Pages

Selasa, 10 Juli 2012

Mars Tujuan Ketiga Setelah Bumi dan Bulan

Mars Tujuan Ketiga Setelah Bumi dan Bulan

Siapa bilang rekreasi hanya ke pegunungan, ke pantai, ke luar negeri, atau ke rumah keluarga ketika hari raya tiba. Namun banyak hal jauh di luar sana wisata rekreasi kalian bisa dimanfaatkan seperti jalan-jalan ke luar angkasa. Lho kenapa ke Luar Angkasa? Kan di bumi bahkan di dalam negeri saja belum banyak tempat rekreasi yang belum pernah kita kunjungi.

Tapi kenyataannya kini ada perusahaan di luar negeri sana. Sebuah perusahaan asal Belanda mengumumkan rencana ambisiusnya untuk menempatkan manusia di Planet Mars. Dijadwalkan paling lambat tahun 2023, empat astronot akan menjadi rombongan manusia pertama yang menempati koloni di planet merah tersebut.

Penjelajahan luar angkasa berjarak 78 juta kilometer itu dimulai dengan pengiriman satelit komunikasi ke Mars pada tahun 2016. Dua tahun kemudian, MarsOne, nama perusahaan asal Belanda tersebut, akan meluncurkan kendaraan darat ruang angkasa atau rover.

Selanjutnya, sebelum tahun 2022 berakhir, diharapkan sudah terbangun infrastruktur yang nantinya akan menjadi tempat tinggal para astronot. "Dan tanggal 14 September 2022, kami mulai memberangkatkan astronot," tulis pernyataan resmi MarsOne yang dikutip news.com, Senin (4/6).

Dalam situsnya, www.mars-one.com, disebutkan perusahaan milik pengusaha energi Belanda, Bas Landsdrop ini mengundang siapapun untuk terlibat dalam proyek yang mereka sebut sebagai lompatan besar umat manusia itu.

Hanya patut dicatat, MarsOne hanya sekali menjadikan Anda sebagai astronot tujuan planet berasmosfer seperti bumi itu. Bila sampai tujuan, selamanya Anda akan menjadi penduduk Mars. Dengan kata lain, Anda takkan dipulangkan lagi ke bumi.

Tak disebutkan teknologi jenis apa yang bisa mempersingkat perjalanan bumi-Mars, juga berapa anggaran yang akan dihabiskan. Selaku penyandang dana, Landsdorp hanya mengatakan dia punya cara sendiri termasuk mengemas perjalanan ruang angkasa menjadi sejenis tontonan yang menarik disaksikan penduduk bumi.

Jadwal Perjalanan Para Astonot
Perjalanan yang baik harus dipersiapkan dengan baik pula. Apa yang akan dilakukan sebelum para astronot berangkat?
2013: Seleksi astronoy. Diikuti oleh pelatihan selama bertahun-tahun.
2016: Satelit komunikasi akan diluncurkan dan misi cadangan makanan (2.500 kilo makanan yang sdapat disimpan lama) akan dikirim ke Mars.
2018: “Angkutan eksplorasi robotik” akan dikirim ke Mars. Angkutan ini akan mencari lokasi terbaik di planet Mars untuk dijadikan pemukiman.
2021: Peralatan lainnya akan dikirm ke Mars, antara lain unit tempat tinggal, life supports dan unit cadangan kedua.
2022: Semuanya siap tanggal 14 September: Empat astronot yang terpilih akan berangkat ke Mars.
2023: Tujuh bulan kemudian, para astronot akan mendarat di Mars. Mereka akan membangun pemukiman dan menyiarkan sisa hidup mereka di Planet Merah. 


0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger