Pages

Kamis, 07 Juni 2012

Cukang Taneuh (Green Canyon) Jawa Barat

Green Canyon merupakan salah satu obyek pariwisata yang selalu menyajikan keindahan alam. Green Canyon yang memiliki nama asli Cukang Taneuh. Sebutan Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh salah seorang wisatawan warga Perancis pada tahun 1993. Green Canyon yang berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis. Jaraknya sekitar 130 km dari Pangandaran, Jawa Barat.

Suatu bentukan alam yang unik, dengan fitur utama sungai (Cijulang) dan ngarai yang terbentuk dari tanah di kedua sisinya. Bagi Anda penggemar  trekking, camping, canoing, dan sebagainya, objek wisata ini bisa menjadi pilihan utama. Selain itu, kebersihan sungai yang terjaga dan pemandangan yang memukau di kedua sisinya membuat kawasan ekowisata menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang datang ke Kabupaten Ciamis.

Lokasi: Desa Karang Paci, Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis, Jawa Barat
Koordinat : 7 43' 47.96" S, 108 26 53.12 E

Cukang Taneuh yang berarti jebatan tanah, yang mewakili jembatan yang terbuat dari tanah dan membentang di atas lembah jurang Green Canyon, yang biasa di lalui oleh petani menuju ke kebun mereka. Green Canyon yang merupakan aliran sungai Cijulang yang menembus gua dengan pemandangan yang mempesona. Aliran sungai yang diapit oleh tebing bebatuan dan tumbuhan pepohonan yang rindang.

Green Canyon, suasana alami hutan yang dengan udara segar. Air sungai yang terlihat jernih memerkan kesan segar, membuat penulis tidak mersa sabar untuk menikmati kesegaran air yang bersih dari mata air yang mengalir dari setiap akar tanaman dan batuan yang ada.

Lokasi Green Canyon hanya dapat dicapai dengan menggunakan perahu dengan mengarungi sugai Cijalung selama kurang lebih 30 menit. Perjalanan dengan menggunakan perahu tidak akan terasa memosankan, kaena selama perjalanan kita disajikan pemandangan yang sangat mengasyikkan dengan keindahan panorama alam yang asri.Suasana sunyi gemerisik pepohonan rimbun disertai kicauan burung memberikan suasana harmoni yang indah selama perjalan.

Perahu kecil yang bisasa melewati alur sempit dan membuat medan semakin sempit untuk dilalui perahu lain, ternyata sebuah perahu telah sampai di depan mulut Green Canyon. Di sanapun  ada juga para peserta yang langsung berenang dan para peserta wisata anak-anak ada juga yang menggunakan pelampung untuk berenang dan menikmati air yang segar dengan kebersihan alami ini. Kondisi yang masih asri ini menjelaskan bahwa alam Indonesia ini tidak boleh luput dari kunjungan orang-orang di daerah Jawa Barat dan sekitarnya.

Pada bagian atas sungai dapatkan staglanit-staglanit yang indah dan mengeluaran tetesan air yang bersumber dari mata air resapan air tanah. Tidak jauh dari tempat ini penulis menemukan air terjun yang mengalir dengan mempesona dari sebelah kiri dan kanan.

Green Canyon yang selalu menawarkan tepat wisata petualangan alam yang memberi kesan tersendiri. Hal itula ang membuat penulis merasa bekesan dalam mlakukan perjalanan wisata di Green Canyon ini. Bagi para wisatawan yang senang menikmati pemandangan dasar air, Green Canyon memberikan kesan tersendiri untuk para penikmat pemandangan dasar air. Kita dapat menikmati pemandangandasar air dengan cekungan alam yang indah, yang dihiasi oleh para penghuni air berupa ikan yang indah-indah.

Untuk mengunjungi obyek wisata Green Canyon saya menyarankan agar kita dapat memilih waktu tidak pada saat musim hujan. Hal ini agar kita bisa menikmati pemandangan yang indah dan tidak tertutup kabut hingga tidak membatasi penglihatan jarak pandang kita, dan air sungai sangat deras rusnya serta warna air yang akan berubah kecoklatan karena disebabkan arus air yang mengalir telalu deras pada saat musim penghujan.

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan wisata obserasi alam dengan mengunjungi objek wisata Green Canyon yang ada di Pengadaran, Jawa Barat. Kami menyarankan agar para sahabat dapat memilih dan menggunakan biro perjalanan wisata obserasi alam bukan hanya yang menawarkan sebuah paket perjalanan wisata dengan harga spesial murah dan terjangkau, namun para sahabat juga berhak mendapatkan pelayanan secara profesional yang didukung dengan informasi objek wisata dengan tenaga akhli yang berpengalaman, berwawasan luas serta menguasai objek tersebut dan terakreditas oleh Dinas Pariwisata Indonesia.

Untuk apa habiskan waktu liburan sekolah bertepatan dengan liburan Idul Fitri tidak dilakukan dengan hal yang menyenangkan sekaligus menghargai bahwa Indonesia tidak kalah dengan Negara lain.

1 comments:

Anonim mengatakan...

info yang bagus untuk kami para penjelajah wisata di indonesia

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger