Pages

Sabtu, 23 Juni 2012

Indonesia Gagal Menghargai Asetnya Ikut Olimpiade Internasional

Kami Rahmat Irkham Triaji dan Arya Marantika adalah dua rekan dalam satu tim penelitian pada bidang Biologi dengan judul THE USE OF THE FIVE HINDMOST BONE SEGMENTS OF THUNNUS ATLANTICUS (TUNA FISH) AS BASIC INGREDIENTS OF INSTANT PORRIDGE FOR INFANTS (UNDER THREE YEARS OLD)” atau dalam bahasa Indonesia “PEMANFAATAN LIMA RUAS TULANG TERBELAKANG THUNNUS ATLANTICUS (IKAN TUNA) SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN BUBUR TIM INSTAN BAGI BATITA’’. Penelitian ini telah diproses sekitar satu tahun dengan berbagai penyempurnaan dari segala pengalaman perlombaan berharga yang kami dapatkan.
Kami merupakan siswa satu kelas bahkan satu meja pada kelas XII IPA 3 dari SMA Negeri 90 Jakarta. Kami berangkat dari latar belakang keluarga yang sederhana dan kegemaran kami dalam melakukan penelitian. Ketertarikan ini juga didapatkan atas kepekaan kami dalam segala kegiatan yang ada pada KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) di SMAN 90 Jakarta. Kegiatan penelitian KIR SMAN 90 Jakarta terbagi atas tiga bidang yakni, IPA, IPS, dan Aptek. Kami termasuk dalam anggota peningkatan kualitas pada bidang IPA. Kami pun juga tergabung dalam komunitas KIR tingkat Jakarta Selatan (KIRJAS) yang terkenal akan prestasi cemerlangnya baik di tingkat Provinsi sampai Nasional. Alhamdullilah pengalaman demi pengalaman yang telah kami rasakan selama ini dalam bidang penelitian, sangatlah melekat pada diri kami sebagaimana rasa cinta kami terhadap Bangsa dan Negara. Terlebih telah membuahkan hasil dari berbagai kejuaraan Lomba Karya Ilmiah Remaja baik di tingkat Regional sampai tingkat Nasional yang kami raih pada bidang IPA seperti, Juara 1 pada 8 Research Competition di SMAN 8 Jakarta se-Jabodetabek, Juara 1 LKIR Jakarta Selatan, Juara 2 LKIR DKI Jakarta, Juara 1 pada LKIR SMAN 26 Jakarta, Juara Terbaik ke-7 IPB Field Day Tingkat Nasional, Pemenang ke-2 pada LKIR LIPI Ke-42 Tingkat Nasional, dan Peraih Medali Emas bidang Biologi pada ISPO (Indonesian Science Project Olympiad) tahun 2011, dll.
Kami sangatlah senang dan bangga akhirnya kami bisa membuktikan prestasi gemilang sekaligus juga sebagai perwakilan untuk pertama kalinya dari Provinsi DKI Jakarta yang telah tembus final bahkan sebagai pemenang dalam acara perlombaan penelitian tingkat nasional, seperti contoh LKIR LIPI Ke-42 Tahun 2010 dan ISPO Tahun 2011. Jadi, kini kami sudah yakin bahwa dibalik pergaulan siswa/siswi Provinsi DKI Jakarta yang meski dianggap hanya memiliki sedikit kepedulian terhadap penelitian dan dipandang sebelah mata oleh teman-teman di daerah. Ternyata ada pula mutiara-mutiara ibu kota yang tersimpan memiliki bakat, serta kemauan untuk dapat membuktikan prestasinya untuk diabdikan kepada masyarakat Indonesia.
Dalam Indonesian Science Project Olimpiad (ISPO) tingkat nasional yang telah diselenggarakan pada tanggal 23 sampai 25 Februari 2011 pada bidang biologi. Berdasarkan penilaian kami berhasil meraih medali emas dan sejauh ini kami tengah berupaya semaksimal mungkin untuk selalu bisa mempersiapkan diri agar lebih fokus terhadap kesempatan yang amatlah sangat terhormat diamanatkannya kepada kami, yaitu untuk dapat mengikuti olimpiade penelitian Internasional pada International Environmental Project Olympiad (INEPO) 2011 di Istanbul Turki yang akan diselengarakan pada tanggal 18 sampai 21 Mei 2011.
Walaupun kami sekarang ini sangatlah senang bisa dapat meraih sebagai finalis atau sebagai perwakilan dari Indonesia dalam olimpiade Internasional tersebut, tapi kami tidak punya kemampuan secara finansial terkait hal dana untuk fasilitas tranportasi dan kebutuhan hidup sementara untuk mengikuti olimpiade Internasional yang akan berlangsung.
Meski keadaan seperti ini, kami pun tetap berusaha menggalang dana dengan memberikan langsung menggunakan proposal lomba olimpiade Internasional dalam perihal permohonan dana ke berbagai instansi, baik instansi pemerintah ataupun swasta, seperti contoh Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pendidikan Nasional, Diknas Provinsi DKI Jakarta, Diknas Pembinaan Anak SMA, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian BUMN, Kementerian ESDM, PT Bank Mandiri, PT BNI, PT Bumi Putera 1912, PT Indosat.
Setelah kami hubungi lebih lanjut terkait surat disposisi yang diberikan oleh instansi yang telah kami ajukan. Sampai saat ini kami tidak mendapatkan tanggapan kepastian yang jelas terkait hal bantuan dana yang akan diberikan oleh instansi-instansi tersebut. Mengingat waktu yang sangat amat singkat menuju tanggal dilaksanakannya olimpiade Internasional pada International Environmental Project Olympiad (INEPO) 2011 di Istanbul Turki yang akan diselengarakan pada tanggal 18 sampai 21 Mei 2011.
Kami memohon agar kami dapat diberikan bantuan terkait hal dana untuk fasilitas tranportasi dan kebutuhan hidup sementara untuk mengikuti olimpiade Internasional yang akan berlangsung. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menjadi pemenang dan dapat mengharumkan nama Indonesia ke tingkat Internasional. Oleh karena itu, kami memohon kepada instansi terkait untuk dapat mendukung kami baik materiil maupun spiritual. Terima kasih. (Saat suasana menjelang Olimpiade).
Meski semua telah dilakukan, ternyata tidak ada satupun tindakan maupun bantuan untuk bisa mengikuti olimpiade dari pihak pemerintah maupun bantuan respon resmi dari mereka. Saya hanya bisa mengerti saja tanpa bisa berkata apapun. demikian terimakasih. Meskipun gagal bertanding Olimpiade Penelitian Tingkat Internasional, Kita harus untuk terus menerus berjuang !!! Ayo generasi muda bangsa !!!

By: Rahmat Irkham Triaji dan Arya Marantika

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger