Pages

Selasa, 21 Agustus 2012

KUE-KUE KHAS LEBARAN

Beragam jenis Makanan Khas Lebaran

Menyambut hari nan fitri berbagai keperluan tentunya sudah dipersiapkan, termasuk berbagai hidangan yang akan disajikan di hari raya besok. Omong-omong hidangan yang akan disajikan pada hari raya, pikiran kita akan tertuju pada ketupat dan aneka kue kering khas lebaran.
Lebaran akan terasa lebih meriah jika di rumah ada ketupat lebaran. Makanan berbahan dasar beras ini sudah tak asing lagi bagi kita. Bagi masyarakat Indonesia, umumnya ketupat akrab disajikan dengan opor ayam. Nah, bagi orang minang, ketupat disajikan dengan beraneka olahan kuah santan atau gulai. Ada gulai cubadak (gulai nangka), gulai tauco, gulai paku (gulai pakis), dan lain sebagainya.
Selain ketupat dan gulai, aneka kue kering juga merupakan makanan wajib yang tersaji di meja tamu maupun meja makan di rumah. Berikut beberapa kue kering idola masyarakat Indonesia.
Nastar
Kue yang berbahan dasar tepung terigu, gula, mentega, dan telur ini sekarang telah mengalami  modifikasi sehingga tersedia dalam banyak rasa. Ada rasa nanas (nastar selai nanas), rasa keju (nastar keju), rasa kajang (nastar selai kacang), dan lain-lain.
Kue Putri Salju
Ciri khas dari kue putri salju adalah gula halus yang bertaburan di kue tersebut. Biasanya berbentuk bulan sabit.
Kacang Goreng
Saat lebaran kacang goreng selalu ada. Bahkan menjadi cemilan wajib yang harus ada di antara kue kering lainnya.
Rainbow Cake
Kue berwarna-warni mirip pelangi ini menjadi kue lebaran yang cukup tren tahun ini. Banyak diberitakan pesanan rainbow cake semakin meningkat menjelang Idul Fitri.
Kue Semprit
Kue yang dicetak dengan cara disemprit ini memiliki bentuk, tekstur, dan rasa yang beraneka ragam.
Kue Lidah Kucing
Kue kering yang satu ini adalah kue yang laris manis saat lebaran tiba. Kue yang menurut ibu-ibu mirip lidah kucing ini sering kita jumpai dengan beragam warna dan hiasan selai, ada selai coklat, keju, nanas, dan lain-lain.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger