Pages

Senin, 24 September 2012

CIBODAS 1425 mdpl


CIBODAS 1425 mdpl
Cibodas merupakan tempat indah dikawasan puncak Jawa Barat. Tepatnya berada di Kabupaten Cianjur yang dapit oleh dua kabupaten yaitu Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor. Letak Cibodas berada di ketinggian 1300 – 1425 mdpl (meter di atas permukaan laut). Letak Cibodas yang persis diantara 2 (dua) gunung yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango menjadi tempat yang cocok untuk tempat persinggahan pertama sebelum melakukan pendakian kedua gunung tersebut. Tempat ini adalah tempat yang cocok untuk para pendaki pemula yang ingin melakukan latihan untuk menjajaki gunung yang lebih tinggi di benua lain.

Kawasan Cibodas adalah wilayah yang dikelola oleh Kementerian Perhutanan. Dimana seluruh kawasan Cibodas seluruhnya berada dikawasan hutan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Posisi Cibodas yang hanya berjarak 4 (empat) km dari jalan Raya Puncak menyebabkan daerah ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Hal lain pula yang menyebabkan daerah Cibodas tidak pernah sepi pengunjung adalah berada ditengah perlintasan kawasan Wisata Matahari dan daerah Cipanas.

Jika ingin pergi kesana jangan lupa membawa jaket yang tebal jika ingin bekunjung pada malam hari karena pada malam hari suhu di sana berkisar antara 150-220C. Untuk yang biasa bertempat tinggal di daerah perkotaan atau pantai yang suhunya panas, suhu tersebut lebih dingin dari AC yang ada dirumah anda.

Tempat wisata yang wajib anda kunjungi apabila singgah sebentar di daerah Cibodas adalah Kebun Raya Cibodas (Cibodas Botanic Garden) yang dikelola oleh Lembaga Ilmi Pengetahuan Indonesia (LIPI). Dengan tiket masuk hanya Rp. 6.000 untuk tarif orang dewasa dan anak-anak kita dapat melihat semua jenis pohon yang ada di dunia, kebun lumut yang tebilang lengkap, air terjun setinggi 30 m dan kebun bunga yang bisa dibilang sangat indah. Di dalam Kebun Raya Cibodas juga disediakan kereta mini yang dengan hanya membayar Rp. 5.000 per orang kita dibawa mengitari kebun tersebut. Seluruh pemasukan yang berasal dari tiket masuk akan masuk ke kas negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB). So,, jangan corat-coret maupun merusak tanaman disana yaahh...

Hal yang paling dicari dari Kebun Raya Cibodas adalah air terjunnya yang tebilang indah. Banyak turis asing yang jauh-jauh dari Iran datang ke Kebun Raya Cibodas yang kata mereka hanya untuk menikmati air terjunnya lho. Air tejun ini berjarak sekitar 2 km dari pintu masuk Kebun Raya Cibodas. Air terjun utama dapat dilalui dengan jalan kaki melalui 2 track yaitu jalur landai dengan jarak 1 (satu) km lebih panjang dari pada jalan pintas yang kondisinya basah dan lebih curam dibandingkan dengan jalur yang landai. Jangan khawatir kita akan tersesat di daerah sana karena ada pemandu yang akan menunjukan jalan menuju air terjun tersebut. Didekat air terjun juga tersedia kios makanan dan toilet (jika kebelet) serta jasa foto bagi anda yang lupa membawa kamera. Saya sarankan jangan sampai kamera anda tidak dibawa karena kondisi alam saat anda menuju tempat itu pasti susah untuk anda lupakan. 

Jadi untuk apa melintasi jalan raya Puncak menuju Cipanas tanpa berhenti sejenak di Kawasan Cibodas untuk melihat keindahan alam yang diberikan Tuhan YME kepada kita untuk kita nikmati. Jangan segan-segan mampir, karena dengan uang hanya Rp. 6.000 kita dapat melihat seluruh jenis tanaman dan air terjunnya. Gak bakal rugi dehhh....

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger